Tips Mengetahui Kucing Hamil Berapa Bulan Hingga Persalinan serta Cara Perawatannya

Kucing Hamil - Pada kesempatan berikut ini akan diberikan informasi mengenai kucing hamil. Kucing hamil berapa bulan, mungkin banyak yang jadi pertanyaan para pencinta kucing atau orang-orang yang suka memelihara kucing. Siklus reproduksi dari kucing sebetulnya tidak selalu teratur pada periode tertentu. Biasanya tahap birahi pada kucing sendiri tergantung dari berbagai hal. Adapun salah satunya yakni tergantung dari waktu matahari bersinar pada satu hari. Di wilayah tropis seperti Indonesia sendiri, biasanya siklus reproduksi dari kucing biasanya lebih teratur, yakni antara periode satu bulan hingga 1,3 bulan. Akan tetapi, hal yang paling banyak ditanyakan pemilik kucing yaitu berapa bulan kucing hamil dan melahirkan.
Sebelum kita membahas mengenai kucing hamil berapa bulan, ada beberapa tanda-tanda kucing hamil yang perlu di ketahui seperti dibawah ini :

Muntah-Muntah
Layaknya manusia, pada beberapa kucing yang sedang hamil biasanya akan mengalami yang namanya muntah-muntah. Akan tetapi, tidak semua kucing mengalami tanda-tanda kehamilan ini.

Siklus Birahi
Tanda-tanda kucing hamil berapa bulan selanjutnya yaitu siklus birahi kucing yang mulai berhenti dengan spontan atau tiba-tiba.

Ciri Fisik
Ciri-ciri kucing hamil 3 minggu sendiri biasanya putting susu kucing berubah warna menjadi pink. Bulu-bulu pada area puting sendiri menjadi rontok, selain itu juga nafsu makan yang semakin meningkat. Perut kucing akan semakin membesar saat usia kehamilan menginjak tiga minggu. Sehingga sudah mulai bisa diraba ada beberapa benjolan.

Untuk mengetahui kucing hamil berapa bulan bisa juga dilakukan pemeriksaan USG oleh dokter hewan. Selain itu, dengan melakukan USG ini kita bisa mengetahui apakah ada masalah dengan calon kucing baru ataukah dalam keadaan sehat. Kita juga bisa mencatat tanggal kapan terakhir perkawinan terjadi untuk menetapkan hari perkiraan lahir atau HPL. Adapun usia kehamilan pada kucing umumnya terjadi hingga 60-70 hari atau sekitar dua bulan. Apabila ternyata kucing belum juga melahirkan hingga hari ke 70, sebaiknya segera membawanya untuk diperiksa ke dokter hewan.

Bagi pemilik kucing, saat usia kehamilan sebaiknya kucing tidak diberikan obat cacing. Hal ini bisa menimbulkan terjadinya keguguran, anda juga sebaiknya tidak memberikan vaksinasi pada kucing yang sedang hamil. Vaksinasi umumnya lebih baik dilakukan sebelum terjadinya perkawinan pada kucing. Pemberian vaksinasi sendiri bermanfaat untuk menjaga kekebalan pada tubuh induk kucing. Sementara, ketika tengah menjelang waktu persalinan sendiri kucing sudah mulai mengalami ciri-ciri seperti kontraksi, gelisah serta nafasnya yang tersengal-sengal.

Apabila usia kehamilan pada kucing sudah mencapai hari ke 59, sebaiknya pemilik harus mulai mempersiapkan kelahiran. Pada kucing persia sendiri, masih harus membutuhkan bantuan pemiliknya untuk melahirkan karena sudah terbiasa mengandalkan bantuan sang pemilik. Adapun persiapan kelahiran untuk kucing ini yaitu seperti menyiapkan benang jahit gunting dan alkohol. Itulah, cara perawatan dan mengetahui kucing hamil berapa bulan menuju persalinan.

Sekian informasi yang bisa di sampaikan mengenai kucing hamil. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.
Labels: berapa bulan kucing hamil dan melahirkan, contoh kucing hamil berapa bulan, hamil berapa lama, hari kucing hamil, kucing bunting berapa bulan, lama mengetahui kehamilan

Thanks for reading Tips Mengetahui Kucing Hamil Berapa Bulan Hingga Persalinan serta Cara Perawatannya. Please share...!