Mengenal Lebih Dekat Kucing Scottish Fold

Kucing Scottish Fold - Pada kesempatan berikut ini akan diberikan informasi mengenai Kucing Scottish Fold yang merupakan salah satu jenis kucing hias yang saat ini sedang naik daun di kalangan pecinta kucing hias. Dulu, nama kucing ini lebih di kenal dengan nama kucing Flops. Scottish Fold adalah kucing Ras yang ada di Skotlandia yang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan jenis kucing hias yang selama ada di pasaran. Ciri khas yang melekat pada Scottish Fold yaitu memiliki telinga yang Bentuknya seperti lipatan menyerupai burung hantu, sehingga masyarakat loka menjuluki dengan Coupari cat atau burung hantu. Walau begitu, tidak semua jenis Scottish Fold memiliki bentuk telinga berlipat namun seperti kucing biasa.

Ukuran bentuk tubuh kucing Scottish ini memiliki ukuran sedang, pada kucing jantan bisa memiliki berat sampai 5 kg sedangkan betina sekitar 4 kg. Pada bagian kepala kucing Scottish Fold memiliki bentuk bulat dan mata yang besar serta hidungnya kecil. Alasan karakteristik fisik inilah yang membuat sebagian besar masyarakat di Skotlandia member nama kucing burung hantu. Sedangkan pada bentuk bulu kucing ini memiliki 2 jenis varian, yakni Scottish Fold bulu pendek dan bulu panjang. Akan tetapi, nampaknya Scottish Fold bulu panjang cukup jarang ditemui terlebih di Indonesia. Jenis kucing ini memang sudah masuk di pasaran kucing hias Indonesia, pasti harga kucing Scottish Fold jauh lebih mahal dibandingkan dengan jenis lainnya.

Seperti kucing hias lainnya, kucing Scottish Fold termasuk dalam kucing penurut dan pintar serta jarang mengalami stres. Kendati demikian, apabila kita tidak merawat kucing tersebut, resiko kucing mengalami stres tetap saja bisa terjadi sehingga bila Anda ingin memelihara juga tetap rutin melakukan perawatan. Selain itu, kucing burung hantu Skotlandia ini juga cukup mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, serta memiliki sifat yang lincah dengan suara yang lembut. Apabila Anda memberinya permainan untuk kucing, Scottish Fold tidak segan-segan langsung beraksi seperti hewan sirkus. Uniknya lagi yaitu Scottish Fold tidak mendengkur pada saat kucing tidur.

Semua kucing pastinya rawan memiliki penyakit terlebih virus seperti rabies, bagi Anda yang ingin memelihara kucing ini tentu harus selalu memberikannya vaksin anti rabies. Anda bisa memberikan vaksin ini minimal dua bulan sekali dan memeriksakan kesehatan lainnya ke dokter hewan. Beberapa jenis penyakit yang biasanya terjadi pada kucing Scottish Fold adalah ginjal polikistik yakni jenis kista yang tumbuh pada ginjal kucing. Pemberian makanan yang sehat dan nutrisi yang lengkap bisa membantu menjaga kesehatan dan mencegah penyakit pada kucing.

Itulah seputar kucing hias yang saat ini sedang naik daun di kalangan kucing hias mania. Apabila Anda ingin membeli kucing hias ini, setidaknya Anda harus menyiapkan dana lebih dan melakukan survey ke beberapa pet shop supaya tidak tertipu dengan harganya. Akan tetapi jika dana Anda minim bisa membeli anakan Scottish Fold. Harga anakan kucing Scottish Fold lebih murah namun perawatannya lebih ekstra.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai kucing Scottish Fold. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.